Sudarli Heru Sudjatmoko (IST)
Sudarli Heru Sudjatmoko (IST)
Sudarli Heru Sudjatmoko (IST)
Sudarli Heru Sudjatmoko (IST)

IBU rumah tangga selayaknya jago memasak, mengendalikan dan menjamin pasokan gizi keluarga. Sehingga makanan sehari-hari seluruh anggota keluarga benar-benar dimasak sendiri.

”Istri harus jago memasak. Jadi bisa menjamin seluruh anggota keluarga mengonsumsi makanan bersih, sehat, dan bergizi. Kalau masak sendiri, pasti tidak akan ditambahi bahan sintetis,” kata Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Sudarli Heru Sudjatmoko.

Istri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko ini mengakui bahwa pengenalan bahan alami kepada masyarakat memang tidak mudah. Seperti pewarna yang masih sering digunakan masyarakat. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha pangan yang keberatan menghindari pewarna tak alami, dengan alasan produknya menjadi kurang menarik.

”Kalau dibilang jangan pakai pewarna, orang desa seringkali jengkel. Katanya, kalau dijual warnanya tidak merah benar, tidak laku. Tapi sebenarnya kalau semuanya sudah terbiasa, ya pembeli pun akan terbiasa,” tegas Sudarli.

Dia juga mengarahkan warga untuk mengurangi pemakaian bahan pangan impor. Apalagi bahan baku lokal, terutama yang diproduksi dari Jateng cukup lengkap. ”Seperti kedelai organik Grobogan yang bukan saja diproduksi lokal, tapi juga lebih baik karena tanpa pestisida,” pungkasnya. (amh/ida/ce1)