Gundam-web

Pernah denger istilah custom kit atau yang lebih dikenal model kit??? Atau justru masih asing? Tenaaang, yuk kita bahas mengenai perkembangan model kit di Indonesia. Model kit atau istilah luar negerinya scale modeling ini adalah sebutan buat kegiatan bongkar pasang model miniatur benda tertentu.

Misal, yang lagi populer banget di Indonesia nih kayak Gundam atau kalo di model kit nya dinamakan Gunpla (Gundam Plastic Model). Meskipun banyak yang bilang kalo model kit ini mainan anak-anak, tapi sebenarnya nggak bener tuh guys. Dilihat dari jenis alat untuk ngrakit dan harganya yang mahal, model kit nggak bisa tuh dibilang cuma mainan anak-anak.

Sebenernya model kit udah ada sejak zaman prasejarah lhoo… Ini menggambarkan kegemaran nenek moyang dalam membangun atau membuat sesuatu yang merepresentasikan bentuk aslinya dalam skala yang lebih kecil. Kayak miniatur gitu.

Modeling sendiri dibagi dalam dua jenis, scratch building sama scale building. Bedanya kalo scratch building itu semuanya dibuat sendiri sedangkan scale building (model kit) hanya kegiatan merangkainya saja dari bahan yang sudah ada.

Hobi merakit model ini udah berkembang sejak ditemukannya alat pencetak atau injection molding machine terus mulai berkembang sejak cellusose acetate plastic atau jenis biji plastik yang transparan dan dipatenkan tahun 1919 di Jerman. Lanjut ke tahun 1930 nih dimana BASF Jerman menyempurnakan plastik tersebut menjadi polystyrene plastic, jenis plastic kit yang banyak digunakan sampai saat ini guys.

Ngerakit model kit itu suatu hobi aja sih. Sama kayak kalo orang hobi pelihara burung atau hobi dengan batu akik. Semua proses perangkaian model kit itu seru, apalagi pas motong dan ngerapihin sisa potongannya kemudian merakit dan menjadikannya suatu karakter. Nggak harus ngikutin urutan buku panduannya kok, bisa juga bikin sesuai part yang kita suka dulu, misal bikin kaki atau badannya dulu. Sesuai selera aja,” ujar Zacky Mukhoyyar, salah satu penggemar model kit di Kota Semarang yang pernah merakit Mg Destiny, Hg 1/100 Silver Ver., Hg 1/100 Hi Nu, Hg stargazer, Hg 00 Raiser, Unicorn mode, dll.

Penggemar model kit destiny ini menambahkan, kelebihan dari merangkai model kit juga menumbuhkan rasa kebanggaan tersendiri jika rakitannya menjadi satu karakter yang unik untuk menambah koleksinya.

Buat model kit dari Gunpla sendiri harganya bervariasi. Mulai dari harga mahasiswa sampe yang nggak masuk akal. Contohnya nih, ada Super Deformed yang cocok bagi orang yang nggak suka kerumitan dan menginginkan sesuatu yang lebih simple. Gunpla ini bisa kamu dapetin dengan harga sekitar Rp 70.000 – Rp 150.000, alias harga mahasiswa.

Buat harga sebenarnya tergantung sama seberapa detail dan kerumitan dari kit dan perangkaiannya sendiri. Semakin sulit dan detail maka model kit akan lebih mahal. Dengan kualitas yang tinggi, jenis model kit ini pun bisa dihargai dengan harga tinggi, sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta. Wow, mahal banget kan??? (mg1/mg2/ric)