SALATIGA – Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2016 ini melaksanakan promosi Budaya Gemar Membaca dalam bentuk Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten atau Kota se-Indonesia. Pada Maret 2016 ini, Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Nasional hadir di Kota Salatiga.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga Agus Parmadi menjelaskan, Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Nasional ini bertujuan mendorong seluruh lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat dengan memanfaatkan perpustakaan. Pemerintah dari tingkat pusat sampai pemerintah daerah dan masyarakat di level terkecil sekalipun dapat berperan sesuai kapasitas dan perannya masing-masing. Di samping itu, pemerintah daerah harus dapat menciptakan iklim yang memungkinkan untuk kegiatan membaca dengan bebas, mudah, murah dan didukung sarana prasarana yang memadai.

“Perpustakaan Daerah Kota Salatiga sebagai salah satu pusat informasi dan pengetahuan harus dapat berperan dalam proses menumbuhkan minat dan budaya membaca,” jelasnya.

Fungsi informasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi yang melekat pada perpustakaan harus dapat lebih dikembangkan dalam rangka menciptakan iklim yang mendukung pengembangan minat baca. Layanan dan koleksi perpustakaan sebagai inti layanan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan kemajuan sosial budaya masyarakat.

Agus menambahkan, kegiatan akan diadakan di Senin (28/3) di ruang sidang DPRD Kota Salatiga. Selain dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryati sebagai narasumber, juga akan diisi Komisi X DPR RI, Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Wali Kota Salatiga dan Ketua DPRD Kota Salatiga. (sas/ton)