Piala KASAD Pemanasan Sebelum PON

485

SEMARANG – Karateka Jateng bakal diuji dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala KASAD di Jambi, 3-5 April mendatang. Turnamen tersebut juga dijadikan oleh Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Jateng mengevaluasi hasil pemusatan latihan. Jateng sendiri kemungkinan akan menurunkan semua karateka yang lolos ke PON XIX 2016 Jabar, September mendatang.

”Piala KASAD ini sebenarnya cukup strategis bagi kami menguji dan melihat hasil persiapan anak-anak selama ini. Hanya saja, saat kejurnas nanti karateka Jateng masih masuk dalam tahapan persiapan umum. Jadi kami harus memodifikasi persiapan agar tidak mengganggu pola latihan di persiapan umum,” tutur Sekretaris Umum Forki Jateng Andriansyah, Rabu (9/3).

Dikatakannya, Piala KASAD ini bersifat wajib bagi semua Pengprov Forki. Hal ini juga menguntungkan bagi Jateng karena bisa melihat kekuatan daerah lain. Pada kejuaraan itu sendiri, lanjut dia, provinsi ini menargetkan satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Andriansyah tak ingin muluk-muluk saat di Jambi nanti. ”Anak-anak tak bisa tampil maksimal di Piala KASAD nanti. Ya karena memang mereka masih menjalani persiapan umum. Lain halnya jika sudah masuk ke persiapan umum, pra kompetisi, ataupun kompetisi. Tapi kami tetap berkomitmen mengikuiti kejuraan ini karena Ketua Umum PB Forki adalah Panglima TNI,” katanya.

Selain Piala KASAD, ada pula undangan untuk mengikuti Kejurnas Piala Kalijaga di UIN Kalijaga Yogyakarta. Karena waktu yang berdekatan, Jateng lebih memilih kejurnas di Jambi. ”Kami harus memilih salah satu karena tak ingin merusak jadwal program pemusatan latihan bagi karateka PON XIX nantinya,” tandas Andriansyah.

Diharapkan pula, dengan tampil di Jambi nanti akan mengangkat mental karateka Jateng. Diakuinya, butuh terjun di berbagai kejuaraan untuk meningkatkan mental bertanding atlet. (bas/smu)