BINA TALENTA: Salah satu pertandingan di kejurda Judo U-16 Minggu (31/1) kemarin. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BINA TALENTA: Salah satu pertandingan di kejurda Judo U-16 Minggu (31/1) kemarin. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Angin segar berhembus kepada para judoka Jateng. Keinginan try out keluar negeri, yakni Jepang sebagai salah satu persiapan mereka menghadapi PON XIX/2016 Jabar mendapatkan tanggapan positif dari Ketua Umum PJSI Jateng, AS Sukawijaya.

AS Sukawijaya menuturkan, judoka tidak hanya akan try out di Jateng saja, namun keluar Jateng dan juga ke Jepang. Hal itu, menurutnya, akan menambah jam terbang, pengalaman dan mental bertanding menghadapi PON XIX/Jabar 2015. Melalui berbagai program yang disusun, pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu berharap prestasi di PON meningkat dibandingkan sebelumnya.

”Kebetulan, kami mendapatkan undangan dari Mr Suneo. Dia merupakan pengurus PB PJSI yang berasal dari Jepang. Tugasnya di sini untuk memasyarakatkan olahraga judo. Untuk waktunya, kami akan bahas dengan pengurus,” ungkap Yoyok Sukawi.

Judo sendiri merupakan seni bela diri yang lahir di Jepang pada 1882. Saat ini, judo sudah mendunia dan dipertandingkan di Olimpiade. Pejudo Indonesia, pernah tiga kali tampil di pesta olahraga internasional empat tahunan itu. Dimulai Olimpiade Atlanta 1996, Olimpiade Sydney 2000, dan Olimpiade Athena 2004, namun belum bisa menyumbang medali.

Di PON, Jateng meloloskan 12 judoka. Hal itu berdasarkan hasil perhitungan total poin setiap kejurnas yang berlangsung sejak 2013. Terakhir, poin diambil berasal dari Kejurnas Judo di Gedung Bika Soka Bandung, beberapa waktu lalu.

Mereka yang lolos yakni Kurni Novianti (-66kg), Maria Magdalena Ince (-48kg), Vera Saraswati (-63kg), Muji Leksani (-70kg), Desi Widianti (-78kg), Cintia Kusuma (+78kg) dan Ika Santika (+78kg) dan Christian Hadi (-66kg). Serta empat atlet nomor jurus yaitu pasangan na geno kata, Eko Mulyanto dan Dewa Made Akar Putu Jagad. Di susul pasangan ju no kata Lie Grace Natalie dan Sintia Trubus.

Saat ini, pengurus belum memasang target medali di PON. Mereka ingin melihat hasil latihan terlebih dulu. Pada PON XVIII/Riau 2012 lalu, Judo Jateng mendapatkan satu emas, melalui judoka senior Krisna Bayu. Atlet PON 2012 yang kembali memperkuat Jateng yakni Desi Widianti,Vera Saraswati dan Kurni Novianti. (bas/smu)