Joko Suratno (Istimewa)
Joko Suratno (Istimewa)
Joko Suratno (Istimewa)

Pekerjaan Joko Suratno tak bisa lepas dari jalan-jalan. Tentu sebagai pemilik travel agent, dia tak sekedar melancong, namun sekaligus membawa grup wisatawan. Pria yang menjabat Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah ini juga jalan-jalan sambil mempromosikan paket wisata.

“Saya jalan-jalannya sambil jualan,” ujar Joko. Menurutnya sebagai mitra pemerintah, Asita kerap menggelar trip bagi perwakilan biro perjalanan. Undangan familiarization trip dari Asita daerah lain pun sering dia dapatkan. “Kami memang saling mengundang. Dari sisi promosi, pihak yang mengundang akan dipromosikan potensi wisatanya. Selain itu, kita juga menjadi tahu apa (paket wisata) yang akan kita jual,” paparnya.

Dia mencontohkan, bulan ini mendapatkan undangan trip dari Asita Balikpapan. Masing-masing daerah lanjutnya, memiliki cara promosi sendiri. Diantaranya Jawa Tengah dengan Borobudur Travel Mart dan Kalimantan Timur dengan Borneo Travel Mart. Joko mengungkapkan dari fam trip yang digelar pihaknya, travel agent luar banyak terpesona dengan destinasi di Jawa Tengah. “Travel agent Bali misalnya, terpesona dengan Lawang Sewu dan Kota Lama. Hanya saja mereka juga memberi masukan agar kemasan wisata dibuat lebih menarik. Dari situ kita bisa melakukan koreksi,” ujarnya. (ric )