BEI Gencar Sosialisasikan Investasi Saham

303

SEMARANG – Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Semarang terus menyosialisasikan investasi saham kepada masyarakat, salah satunya melalui program “Yuk Nabung Saham”. Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan perbankan, khususnya yang sudah menjadi emiten atau sudah melakukan “go public”.

“Pada tahun ini, tepatnya pada pertengahan Maret 2016, kami akan melakukan lebih banyak aktivitas kampanye ‘Yuk Nabung Saham’,” kata Kepala BEI Cabang Semarang Stephanus Cahyanto Kristiadi, kemarin. “Segmentasi kami melalui kerja sama ini salah satunya adalah karyawan yang belum memiliki rekening efek,” jelasnya.

Dari sisi jumlah investor baru di Jawa Tengah, dari awal tahun hingga saat ini, ada 2.500 investor. Meski demikian, pihaknya mengakui khusus untuk Kota Semarang pertumbuhannya belum terlalu baik. “Di Kota Semarang, kami nantinya akan banyak menyasar kepada masyarakat umum, mahasiswa, dan komunitas. Dengan begitu, jangkauannya menjadi lebih luas,” paparnya.

Sementara itu, dilihat dari transaksi nasional pada 2 bulan pertama ini ada pertumbuhan yang cukup baik, yaitu sebesar 5 persen. Menurut dia, dari sisi transaksi harian ada peningkatan dari Rp 5,3 triliun menjadi Rp 5,9 triliun untuk bursa di tingkat nasional. “Melihat rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat juga memberikan stimulus pertumbuhan transaksi saham di Indonesia. Selain itu, kebijakan pemerintah dalam menurunkan suku bunga kredit ikut mengangkat perkembangan di bursa,” katanya.

Menurut dia, dengan bunga kredit sebesar satu digit akan berdampak pada penurunan suku bunga simpanan. Kondisi tersebut berdampak pada masyarakat mencari solusi investasi lain yang lebih menguntungkan, salah satunya di saham. (smu)