Bayi Perempuan Gegerkan Tandang

275

TANDANG – Warga Kampung Ngemplak, Kelurahan Tandang, Tembalang digegerkan oleh temuan bayi yang tergeletak di pinggir jalan, Selasa (8/3) dini hari kemarin. Bayi perempuan tersebut ditemukan warga setempat dalam kondisi masih lengkap dengan tali pusar.

Berdasarkan informasi dari kepolisian, bayi malang itu ditemukan kali pertama oleh seorang warga bernama Surip di sebuah gang jalan kampung yang terbungkus tas berwarna merah muda. Saat itu, dirinya sedang dalam perjalanan pulang menuju rumahnya usai salat Subuh di masjid sekitar pukul 04.45.

”Setelah saksi mengecek membuka isi tas, ternyata ada bayi di dalamnya,” ungkap Kapolsek Tembalang, Kompol Ibu Bagus Santoso kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (8/3).

Melihat itu, saksi panik, kemudian memberitahu tetangganya bernama Mustafirin. Selanjutnya, keduanya kembali lagi menuju lokasi ditemukan bayi untuk mengecek kondisinya yang masih lengkap dengan tali pusar.

”Setelah yakin kalau bayi itu masih hidup, mereka lapor ke bidan dan Polsek Tembalang. Dari bidan juga menyatakan kondisi bayi sehat,” ujarnya.

Saat ini, kondisi bayi perempuan yang belum diketahui orang tuanya tersebut dirawat Mustafirin. Diperkirakan usia bayi tersebut baru dua hari.

”Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan RSUD Ketileng menanyakan apakah ada perempuan yang melahirkan dalam waktu satu-dua hari ini. Sementara pihak RSUD menyampaikan belum ada perempuan yang melahirkan dua hari terakhir ini,” katanya.

Rencananya, bayi tersebut akan diadopsi oleh salah satu warga. Sedangkan sesuai mekanismenya dalam mengadopsi nantinya harus menyampaikan surat keterangan kepada Dinas Sosial terlebih dahulu. (mha/aro/ce1)