Dewan Minta Perbanyak Keterserapan Tenaga Kerja

274

SEMARANG – Pemkot Semarang dalam waktu dekat akan segera menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan dan Kroasia. Hal itu menyusul disetujuinya rencana penandatanganan MoU antara Pemkot Semarang dengan Kota Jung-Gu Kota Metropolitan Ulsan Korea Selatan serta Kota Split Kroasia oleh DPRD Kota Semarang.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi menyatakan mendukung rencana penandatanganan MoU dengan Kota Jung-Gu Kota Metropolitan Ulsan Korea Selatan serta Kota Split Kroasia. Menurutnya, langkah tersebut sangat tepat utamanya dalam meningkatkan keterserapan tenaga kerja.

”Selama ini kemiskinan serta pengangguran di Kota Semarang masih tinggi. Dengan adanya kerja sama tersebut, kedua kota bisa menanamkan lebih banyak investasinya di Kota Semarang. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di kalangan warga masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, pembangunan tidak hanya terkait industri saja. Akan tetapi, pembangunan infrastrutur serta transportasi juga dapat dimanfaatkan. ”Yang paling mendesak saat ini adalah tentang penanganan rob dan banjir,” tukas politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, kerja sama ini bagian dari program sister city (kota kembar). Pasalnya, kedua kota tersebut diketahui memiliki kesamaan dengan Kota Semarang yakni memiliki pelabuhan dan laut. ”Keduanya juga merupakan kota besar di negaranya masing-masing,” ujarnya usai mengikuti Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kota Semarang, Senin (7/3).

Ia menambahkan, kedua kota juga memiliki teknologi pembangunan infrastruktur yang baru. Misalnya dalam hal peningkatan jalan serta pengaspalan jalan yang lebih cepat. Selain itu, keduanya juga diketahui memiliki penataan pariwisata yang baik. ”Sebaliknya, mereka bisa belajar banyak hal di Kota semarang. Misalnya, potensi sumber daya, serta keharmonisan etnis di Kota Semarang sehingga tercipta simbiosis mutualisme,” bebernya seraya mengaku dalam waktu dekat akan mengirim pegawai Dinas Bina Marga untuk belajar di sana. (fai/zal/ce1)