BI Berharap Harga Segera Stabil

347

SEMARANG – Bank Indonesia berharap harga komoditas seperti beras, bawang merah, cabai merah teropong besar dan cabai rawit hijau segera stabil. Diperkirakan akan stabil dalam kurun waktu sepanjang Maret 2016 ini. Selain itu, penurunan harga BBM jenis premium dan solar yang rencananya akan diberlakukan mulai minggu kedua Maret 2016 diharapkan juga mampu mendukung iklim perekonomian.

Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir, belakangan ini Provinsi Jawa Tengah mengalami deflasi sebesar 0,24 persen (mtm) pada bulan Februari 2016, setelah sebelumnya pada Januari 2016 mengalami inflasi sebesar 0,48 persen (mtm). Realisasi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan historis inflasi Februari selama 5 tahun terakhir, dari tahun 2011 hingga 2015, yang sebesar 0,11 persen.

Selain itu juga lebih rendah dibandingkan deflasi nasional yang sebesar 0,09 persen (mtm). “Secara spasial, seluruh kota perhitungan inflasi di Jawa Tengah tercatat mengalami deflasi, dan yang terbesar terjadi di Kota Semarang yakni 0,30 persen mtm,” katanya. ‚ÄúSumbangan deflasi terbesar juga karena tarif listrik, bawang merah, daging ayam ras, telur ayam ras, dan cabai rawit,” terangnya.

Sedangkan deflasi kelompok volatile foods di antaranya dari penurunan harga bawang merah, daging ayam ras, telur ayam ras, dan cabai rawit. “Harga bawang merah turun karena didorong oleh peningkatan pasokan akibat panen di Brebes dan Demak,” katanya.

Sementara untuk koreksi harga daging ayam ras dan telur ayam ras didorong oleh penurunan biaya pakan akibat memasuki masa panen jagung dan impor jagung oleh Bulog. (amu/smu)