SALATIGA – Sebanyak 70 orang mengikuti Pelatihan Protokol Tahun 2016 yang diselenggarakan Bagian Humas Setda di Ruang Sidang II Pemkot, Senin (7/3). Peserta berasal dari staf di lingkungan Pemkot Salatiga, instansi vertikal dan BUMD.

Pelatihan dilaksanakan selama 7 – 10 Maret. Sementara pemateri diampu Sri Satuti (Kabag Humas Setda Kota Salatiga), Awang Adjiewasita (Programer Manager Geronimo FM Yoyakarta), Darno (RRI Semarang), Wido Murwadi (akademisi dan praktisi budaya Jawa), Aswad Iskhak (praktisi PR dan dosen Ilmu Komunikasi Fisipol UMY) dan Hendy Surya (MC).

Sri Satuti menjelaskan, protokol itu tidak hanya berkaitan dengan MC saja namun juga segala hal terkait berjalannya suatu acara. Misalnya memposisikan tempat duduk tamu undangan sesuai dengan jenjang jabatan. Hal tersebut sudah baku dalam keprokolan terkait penghormatan seseorang. “Tidak hanya tempat duduk tamu undangan, cara memberikan sambutan dan gunting saat pemotongan pita saat acara peresmian pun ada tata caranya,” terang Sri Satuti.

Sementara itu, Wali Kota Yuliyanto dalam sambutannya meminta kepada segenap peserta untuk mengikuti acara dengan seksama. “Ikutilah tiap materi yang disampaikan, tanyakan segala sesuatu yang belum dimengerti kepada narasumber,” ujar Yuliyanto. (sas/ton)