Wadahi Kicau Mania

333
Budi SP (Istimewa)
Budi SP (Istimewa)
Budi Setyo Purnomo (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
Budi Setyo Purnomo (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

DI sela kesibukan sebagai Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo tetap meluangkan waktu menekuni hobinya. Budi termasuk salah seorang penggemar burung berkicau. Kegemaran tersebut juga membawanya menjabat Ketua BNR Jawa Tengah, organisasi yang mewadahi para kicau mania.

Kegiatan BNR di antaranya rutin menggelar lomba kicau yang diikuti peserta dari berbagai daerah. Dia mengungkapkan, berbagai lomba kicau yang digelar sebenarnya bukan tujuan akhir pihaknya. Di balik itu, ada misi mulia. Di antaranya membangkitkan ekonomi para pelaku di dalamnya. ”Jika dihitung, perputaran uang dari penjualan burung, pakan, dan sangkar di Indonesia bisa mencapai triliunan rupiah per tahun,” ujar Budi yang punya koleksi puluhan jenis burung ini.

Lebih dari itu, pihaknya juga memiliki misi konservasi. Upaya konservasi yang digalakkan adalah hanya memperbolehkan burung hasil penangkaran untuk diperjualbelikan dan mengikuti lomba. Dengan begitu, tidak ada lagi yang menangkap burung di hutan karena pasti tidak akan laku. ”Lagi pula burung hasil penangkaran pasti kualitasnya lebih bagus karena dari kecil diberi vitamin,” ungkapnya. (ric/ce1)