Wabup Kukuhkan 33 Kepala Sekolah

286
Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mabes TNI pada HUT TNI ke-65 di Halim PK, Jakarta, Selasa (5/10). Foto: VIVAnews/Adri Irianto

BATANG-Wakil Bupati (Wabup) Batang, H Soetadi, Selasa (23/2) lalu, mengukuhkan dan menyerahkan Keputusan Bupati Batang kepada 28 Kepala SMP Negeri dan 5 Kepala SMA Negeri di di Aula Setda Batang. Pengukuhan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khusunya Kabupaten Batang melalui pendidikan formal.

“Saya berharap para kepala sekolah yang baru dikukuhkan, dapat menyesuaikan diri dengan jabatan ataupun lingkungan kerja yang baru,” kata Wabup Soetadi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan bahwa misi keempat pembangunan Kabupaten Batang tahun 2012-2017 adalah meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat supaya dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan serta visi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yakni terselenggaranya layanan prima pendidikan yang berkualitas untuk mewujudkan masyarakat Batang yang cerdas, komprehensif dan dan berdaya saing. Karena itulah, Soetadi mengajak para kepala sekolah untuk berupaya keras menyelenggarakan layanan prima pendidikan yang berkualitas.

“Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin penyelenggaraan pendidikan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah,” ujar Soetadi.

Sedangkan Kepala BKD yang diwakili oleh Sekretaris BKD Kabupaten Batang, Gini Eko Utami mengatakan bahwa untuk mengisi kekosongan kepala sekolah negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Batang telah diadakan seleksi yang bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah.

“Kelulusan dari seleksi tersebut ditentukan oleh gabungan nilai kompetensi dan nilai portofolio yang dijadikan dasar untuk memberikan rekomendasi usulan untuk pengisian jabatan,” katanya.

Hal itu seiring dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2016. Sehingga perlu adanya kepala sekolah definitif sebagai pertanggungjawaban dalam legalitas ujian nasional dan penandatanganan ijazah. “Karena itulah, dilaksanakan pengukuhan sebanyak 33 kepala sekolah yang terdiri atas 28 kepala SMPN dan 5 kepala SMAN,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Soetadi didampingi Plt Kepala Disdikpora, M Isnanto dan Sekretaris BKD menyerahkan SK secara simbolis kepada Kepala SMAN Slamet Riyadi dan Kepala SMPN Suharyanti. (*/humas/ida)