SEMARANG – Sejumlah daerah dengan kawasan pantai di Jawa Tengah dinilai cukup potensial sebagai destinasi wisata. Pembangunan dan pengembangan kawasan tersebut terus dilakukan, baik oleh pemerintah maupun swasta. Salah satu yang terbaru adalah Jepara Ocean Park.

“Pesisir kawasan Pantai Mojorejo, Jepara ini saya rasa sangat strategis dikembangkan sebagai destinasi wisata baru. Lokasinya cukup asri dan mudah dicapai,” ujar pemilik Jepara Ocean Park, Ahmad Turmudzi, Senin (1/3).

Oleh karena itu, di lahan seluas 11 hektare ini, pihaknya membangun berbagai wahana lengkap dengan fasilitas-fasilitas pendukung. Diantaranya Waterpark, Watersport, Gokart, Paintball, 6D Theatre dan Outbond. “Melihat lokasi dan fasilitas yang ada, kami tidak hanya menyasar wisatawan di kawasan Jepara dan sekitarnya, tapi lebih luas dari itu, setidaknya Jateng dan DIJ,” ujarnya.

Wahana yang sudah 90 persen selesai dibangun dan akan dibuka pada 10 April mendatang, ditargetkan dapat menggaet 750 ribu pengunjung selama tahun ini. Baik melalui fasilitas reguler maupun berbagai event yang akan digelar di lokasi. “Dengan adanya destinasi wisata baru ini, harapannya kami juga dapat membantu peningkatan tingkat kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, lokasi wisata yang mampu menampung hingga 20 ribu orang ini juga menyerap lebih dari 200 tenaga kerja. Baik tenaga kerja dari tim manajemen maupun yang direkrut dari warga sekitar.

“Kita memang berupaya untuk melibatkan warga sekitar sekaligus mengangkat potensi yang ada di wilayah ini. Oleh karena itu selain mempekerjakan warga sekitar, kami juga menyediakan lokasi untuk para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka,” tandasnya. (dna/ric)