UNIKA-WEB

H. Sri Sulistyanto
Staf Pengajar FEB Unika Soegijapranata Semarang
hsrisulistyanto@gmail.com

Tak bisa dipungkiri jika Soempah Pemoeda pada tahun 1928 adalah tonggak perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekan. Dengan semangat satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Para pemuda, waktu itu, menyadari bahwa, tanpa kesatuan bahasa, mereka tidak akan pernah berjalan bersama menuju satu tujuan. Kecuali saling mendahulukan kepentingan pribadi atau kelompoknya.

Maka mudah dimengerti jika konflik penggajian antara pengusaha dan buruh masih saja terjadi. Ya. Bagaimana tidak, karena setiap pihak punya formula perhitungan yang berbeda. Dan masing-masing kekeuh dengan prinsipnya. Tanpa mau melihat sebenarnya ada “bahasa” yang bisa digunakan bersama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Lho, memang ada?

Artikulasi Laporan Keuangan

Ada. Yakni akuntansi yang produknya berupa laporan keuangan (financial statement). Yang selama ini cenderung diabaikan ketika muncul konflik antara pengusaha atau perusahaan dengan pekerjaanya. Padahal informasi keuangan ini mestinya dipakai semua stakeholder yang ingin menjalin komunikasi atau membuat kesepakatan dengan perusahaan, termasuk para pekerja.