MAGELANG – Ruang audio visual Perpustakaan Umum Kota Magelang menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung. Mereka bisa mengakses internet super cepat secara gratis. Kendati demikian, mereka dilarang bermain media sosial seperti facebook dan sebagainya.

“Iya, memang ada ketentuannya,” kata Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kota Magelang, Widhi Haryani, kemarin.

Katanya, penggunaan komputer, khusus untuk mencari informasi dan pendidikan. Tidak diperbolehkan berselancar ke laman yang berbau SARA maupun pornografi. Juga tidak untuk bermain game. Jika ketahuan digunakan tidak semestinya, pihaknya akan menegur.

“Tiap komputer dibatasi penggunaannya sekitar 30 menit per orang,” ungkapnya didampingi penanggung jawab ruang, Endang Sulistyorini.

Naswa, siswa kelas 5 SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang mengaku terbantu dengan fasilitas yang disediakan perpustakaan umum Kota Magelang itu. Ia tak perlu lagi ke warnet untuk mencari referensi tugas sekolah. “Sekarang lagi ada tugas menciptakan tarian tradisional, jadi saya lihat tari-tarian di youtube,” ungkapnya. (put/ton)