“Propam dan Paur Dokkes segera menyiapkan peralatan pelaksanaan penegakan disiplin dan cek urine untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang menggunakan narkoba,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Muhroji, terdapat 5 anggota yang mendapat teguran karena tidak disiplin.

Dua polisi ditegur karena masa berlaku SIM miliknya habis, 2 polisi memiliki kartu tanda anggota (KTA) yang tidak sesuai dengan pangkat. “Satu anggota ditegur karena terlambat melaksanakan apel pagi,” kata Muhroji.

Dalam tegurannya Kasi Propam menekankan kepada anggota untuk segera melengkapi administrasi perorangan yang tidak sesuai dan habis masa berlaku. Sementara anggota yang terlambat diminta menghadap ke kantor propam.

Setelah itu, Paur Dokkes Polres Wonosobo Bripka Sudjiwo membagikan tabung tempat urine. Anggota diarahkan ke kamar mandi untuk mengambil urine dengan didampingi anggota Propam. Setelah tabung berisi urine, diserahkan ke Paur Dokkes untuk dicek menggunakan alat cek narkoba multiparameter.

Multiparameter digunakan sebagai deteksi awal penyalahgunaan narkotika seperti sabu – sabu, heroin, ganja, pil koplo (ekstasi), kokain dan morfin. “Dari hasil keseluruhan tes urine, anggota Polres Wonosobo dinyatakan bebas narkoba,” jelas Sudjiwo. (ali/ton)