Pelaksanaan Kejurkot Bulutangkis Tidar Cup di Kota Magelang sudah memasuki seri ke-16. Sejak awal sampai sekarang, tidak pernah putus penyelenggaraannya setiap tahun. Menurut Kukuh, pada kejuaraan kali ini, membuka peserta untuk kategori utama yang meliputi kelompok usia, serta kategori madya untuk kelompok berdasarkan jenjang pendidikan peserta.

”Semua kelompok menggelar partai tunggal putra dan putri, sedangkan di kelompok usia, tingkat usia tertentu akan menggelar laga ganda. Jadwal pertandingan lengkapnya bisa diketahui Kamis malam setelah technical meeting,” papar mantan pemain andalan daerah ini.

Peserta Djarum Foundation Kejurkot Bulutangkis Tidar Cup XVI Tahun 2016 pada kategori kelompok usia, terdiri dari usia pradini, usia dini, anak-anak, pemula, dan remaja. Sementara kelompok madya mencakup pemain dari siswa jenjang SD, SMP, dan SMA. Menurut Kukuh, tingkat pradini kembali dipertandingan setelah diawali pada Kejurkot Tidar Cup Ke-15, November kemarin.

“Pradini dibuka karena banyak permintaan atlet, orang tua, dan pelatih yang ingin atlet bertanding dengan lawan sebanding. Kalau dimasukkan di tingkat usia dini, mereka dapat lawan lebih berat. Nah kalau dimainkan pada jenjang usia yang sesuai, atlet belia pradini ini diharap dapat termovitasi dan semangat ikut pertandingan terus dan membuka kesempatan berprestasi,” jelas Kepala SMP Negeri 5 Kota Magelang ini. (fiq/lis/adv)