SALATIGA-Untuk mengenalkan konten lokal tentang Salatiga, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) menggelar Pameran Buku dan Terbitan Daerah 2016. Pameran dilaksanakan di halaman Kantor Persipda selama seminggu, 22-28 Februari.

Kepala Persipda Salatiga, Agus Parmadi, mengatakan, kegiatan tersebut untuk memublikasikan buku-buku lokal Salatiga. “Yang disajikan dalam pameran ini adalah buku yang diterbitkan di Salatiga, karya tentang Salatiga, dan karya yang ditulis oleh warga Salatiga. Buku tersebut bisa fiksi maupun nonfiksi. Ada komik, cerpen, majalah, serta karya ilmiah,” terang Agus Parmadi.

Ada 14 instansi yang menyukseskan pameran ini. Antara lain, Bagian Hukum Setda Salatiga, Bagian Humas Setda Salatiga, BPS Kota Salatiga, B2P2VRP Salatiga, UKSW, IAIN Salatiga, Yayasan Percik, Qoryah Toyyibah Salatiga, Dishubkombudpar Salatiga, Forum Lingkar Pena Salatiga, Widya Sari Press, dan Griya Media.

“Sedangkan jumlah karya yang kita pamerkan lebih dari 600 eksemplar. Kami juga menyuguhkan hiburan organ tunggal yang dimainkan rekan-rekan Persipda. Harapan kami dengan adanya pameran konten lokal ini akan meningkatkan semangat para penulis asal Salatiga,” ujarnya.

Salah satu petugas stan, Nanik Wijayanti, menuturkan, antusias warga untuk mengunjungi pameran ini sejak dibuka Senin (22/2) lalu, cukup tinggi. Rata-rata pengunjung adalah siswa sekolah dan para guru. Mereka datang usai jam sekolah. “Kalau pagi memang sepi, tapi kalau siang sampai sore lumayan ramai,” katanya.(sas/aro)