Butuh Staf Ahli

315
Yuli Hastuti (IST)
Yuli Hastuti (IST)
Yuli Hastuti (IST)
Yuli Hastuti (IST)

WAKIL Bupati Purworejo Yuli Hastuti berpendapat, staf ahli punya peran strategis. Karenanya, sangat dibutuhkan bagi setiap kepala daerah. Pada bidang tertentu, staf ahli juga disebut sebagai tim kreator. Tugasnya, memberikan saran konstruktif lewat policy paper kepada kepala daerah selaku top manager di lingkungan pemerintah daerah.

“Staf ahli tidak sekadar ada atau tidak ada, tapi benar-benar memberikan manfaat bagi kepala daerah,” kata Yuli, dalam rapat koordinasi wilayah staf ahli gubernur, bupati, wali kota se-Jawa Tengah hari kedua di ruang Arahiwang kantor Bupati, Purworejo, kemarin.

Yuli menyampaikan, staf ahli di setiap daerah memiliki beberapa fungsi. Antara lain, menelaah dan mengkaji permasalahan dari berbagai sumber. Juga penyusunan dan memberikan masukan kebijakan kepada kepala daerah sesuai bidang tugasnya. Juga di luar tugas pokok dan fungsi perangkat daerah.

“Di sini staf ahli melakukan fungsi pengolahan dan penelaah data dan informasi sebagai pertimbangan dan masukan bagi kebijakan, identifikasi dan pemecahan permasalahan sesuai bidang tugasnya.”

Termasuk, sambung Yuli, mengamati implementasi kebijakan dan pelaksanaan evaluasi kebijakan terkait hasil, dampak, dan rekomendasi kebijakan sesuai dengan bidang tugasnya. (jpg/isk)