Siti Atiqoh (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)
Siti Atiqoh (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)
Siti Atiqoh (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)
Siti Atiqoh (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)

IMBAUAN pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, turut menggelitik Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Siti Atiqoh. Istri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo ini ikut mengajak warga untuk menjalani imbuan tersebut.

Dia mengimbau kepada seluruh warga untuk membawa tas belanja dari rumah, jika ingin membeli sesuatu di toko, pasar, minimarket, hingga swalayan. Dengan begitu, jumlah sampah dari bahan plastik yang sulit terurai, akan semakin berkurang.

”Pengurangan penggunaan plastik sangat penting. Ketidakpedulian masyarakat terhadap penggunaan plastik bisa menyebabkan bencana, karena membutuhkan waktu ratusan tahun agar plastik dapat terurai,” ucapnya.

Kondisi itu, lanjut Atiqoh, bisa jadi biang banjir hingga mengganggu kesuburan tanah, karena sirkulasi udara di dalam tanah terhalang. Racun dari limbah plastik pun akan membunuh hewan-hewan pengurai tanah seperti cacing.

Selain menghindari penggunaan plastik, Atiqoh juga mengingatkan masyarakat untuk terus peduli terhadap kebersihan di lingkungannya, khususnya dalam upaya pencegahan jentik nyamuk. Terlebih jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) mengalami peningkatan. ”Jentik nyamuk bisa dihilangkan dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa lakukan 3M+ dan pemusnahan sarang nyamuk (PSN),” pesannya. (amh/ida/ce1)