Truk Kelebihan Muatan Rusak Jalan Pantura

271
Kendaraan melintas jalan rusak jalur pantura, JawaTengah, Senin (27/4). Sebagian jalur pantura Brebes-Tegal rusak dan berlubang akibat hujan terus menerus dan tonase truk yang berlebihan, sehingga dapat membahayakan kendaraan terutama sepeda motor. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Rei/mes/15.

DEMAK- Jalan berlubang di Pantura Demak, utamanya jalan yang masih berupa aspal rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Hingga kini, ada beberapa titik jalan yang belum dibeton.

Diantaranya, di jalan raya Karanganyar hingga perbatasan Kudus, beberapa titik jalan di wilayah Sayung dan Karangtengah serta di jalan lingkar selatan Kota Demak. Meski telah ditambal sulam oleh instansi terkait, namun curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini tetap membuat jalanan berlubang.

Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo melalui Kasatlantas AKP Sonhaji mengatakan, jalan berlubang akibat hujan cukup tinggi. Jalanan juga tambah cepat rusak karena sering dilewati truk dengan muatan melebihi batas. Apalagi, di Demak saat ini sudah tidak ada jembatan timbang sehingga muatan truk tidak lagi dapat diuji lagi.

“Ada kendaraan yang mestinya hanya berkapasitas 10 ton, justru muatannya bisa mencapai 40 ton. Ini seperti dipraktikkan truk trailer,” katanya. Akibatnya, tidak hanya jalan aspal saja, namun jalan yang sudah dibeton pun tetap ikut rusak. (hib/ton)