Ahmad Ridwan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Ahmad Ridwan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Ahmad Ridwan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Ahmad Ridwan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

PEMILIK nama lengkap Ahmad Ridwan ini punya hobi unik. Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah ini doyan berkumpul dengan anak-anak panti asuhan. Baginya, hobi ini jadi obat manjur mengusir kepenatan.

”Kalau lagi stres, bisa langsung hilang atau lerem ketika melihat anak-anak panti asuhan. Jadi lebih sadar diri. Nggak ndangak (memandang ke atas) terus. Sekali-sekali memang harus melihat ke bawah,” ucap anggota Komisi C DPRD Jawa Tengah ini.

Karena itu, jangan heran jika nyaris setiap hari, Ridwan mampir ke Panti Asuhan Riyadlul Jannah, Pedurungan Semarang. Di panti asuhan yang menampung sekitar 50 anak tersebut, Ridwan selalu mengumbar senyum.

”Kebetulan lokasinya dekat dengan rumah saya. Pokoknya kalau di sana, rasanya ayem. Apalagi setiap jam 19.00-22.00, terdengar suara anak-anak yang sedang menghafal Alquran. Padahal tidak semua dari mereka sekolah formal, lho,” imbuhnya.

Dikatakannya, anak-anak panti asuhan perlu diuwongke. Dia selalu menganggap mereka sebagai saudara dekat. Alasan itulah yang membuat Ridwan kenal akrab dengan seluruh warga panti asuhan tersebut. ”Kadang-kadang, kalau pas ada waktu luang, saya ikut main sepak bola dengan mereka,” ungkapnya.

Meski begitu, Ridwan kadang merasa sedih ketika melihat nasib anak-anak panti asuhan. Tidak heran jika dia kerap mendorong teman-temannya untuk menyumbangkan sedikit rezeki mereka demi menyejahterakan anak-anak panti. ”Bagaimana pun, mereka harus ada yang mengurusi. Entah pendidikan, kesehatan, hingga keperluan sehari-hari,” pungkasnya. (amh/ric/ce1)