Pondok Boro Akan Jadi Rumah Singgah

492

Terkait terbengkalainya pondok boro ini pernah dibahas di Musrenbang Kota Salatiga. Muncul wacana agar Pemkot Salatiga membangun rumah singgah untuk penyandang masalah sosial. Seperti gelandangan dan pengemis (gepeng) dan anak jalanan. Karena, fakta di lapangan, di Salatiga banyak ditemukan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Baik itu pengemis, gelandangan, anak jalanan (anjal), pengamen dan orang gila.

Menanggapi usulan ini, Wakil Ketua DPRD M. Fathurrahman mengatakan, dinas terkait perlu merenovasi dan memfungsikan kembali bangunan tersebut yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Karena beberapa kali difungsikan, untuk kios Anthurium dan burung, juga gagal. Sehingga perlu kajian terlebih dahulu, untuk apa bangunan tersebut. “ Bisa jadi kembali untuk kios burung lagi atau dipakai untuk event-event seperti pameran,” ujar politisi PKS ini.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Salatiga Joko Nur mengatakan, pihaknya sudah berencana untuk menjadikan pondok boro sebagai rumah singgah. Karena hal itu juga sesuai instruksi Pemerintah Provinsi Jateng, di mana masing-masing daerah atau kota, harus mengoptimalkan pelayanan sosial, salah satunya dalam bentuk membangun rumah singgah. (deb/jpg/aro)