Polisi Sasar Kos-kosan

289

KENDAL–Polres Kendal melaksanakan Operasi Antik Candi 2016 untuk mengantisipasi pererdaran narkoba. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP Lilik Purwanto ini menyasar di rumah kos.

Lilik mengatakan, sejumlah kasus narkoba di tanah air sudah sangat meresahkan masyarakat. Peredaran obat terlarang ini pun kian menyasar hampir di semua kalangan. “Makanya kami gelar razia ini,” ujarnya kemarin.

Rumah kos yang dilakukan pemeriksaan diantaranya berada di Desa Sumberagung dan Desa Montongsari Kecamatan Weleri. “Ini salah satu upaya pencegahan sekaligus memutus tali peredaran narkoba,” tandasnya.

Semua penghuni kos dikumpulkan dan didata. Satu persatu penghuni kos dilakukan tes urine. Hal itu untuk memastikan penghuni kos pemakai narkoba atau tidak.Tim Dokpol Polres Kendal yang turut dalam kegiatan ini langsung melakukan tes urine terhadap para penghuni kos dan hasilnya bisa diketahui saat itu juga.

Dari jumlah 14 penghuni kos semuanya tidak terindikasi adanya penyalahgunaan narkoba. Hasil pemeriksaan negatif. “Tidak kami temukan dari mereka yang mengkonsumsi narkoba,” paparnya.

Selesai pemeriksaan urin Kasat Narkoba memberikan pembinaan kepada penghuni kos agar jangan terlibat dengan Narkoba dalam hal apapun. “Kepada penghuni kos kami berikan pembinaan dan pemeriksaan urin. Alhamdulilah semuanya negative dan bersih dari Narkoba,” jelasnya.

Ariyanto, seorang penghuni kos mengaku sempat kaget saat petugas menyambangi kosnya. “Tapi, karena saya tidak tahu dan tidak memakai narkoba jadi tidak khawatir,” kata dia. Menurutnya, peredaran narkoba memang sudah mengkhawatirkan. Sebab, obat terlarang ini dapat merusak generasi muda. “Harus dibendung, meskipun itu tidak mudah,” tandasnya. (bud/zal)