SALATIGA-Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) UKSW kembali menyelenggarakan konser klasik dengan menampilkan musisi dunia yang berasal dari Belanda. Toost and Drost adalah judul konser yang merupakan nama dari musisinya, Jan Willem Troost (cello) dan Roeland Drost (piano).

Keduanya akan menampilkan repertoar-repertoar duet piano cello dari era klasik sampai modern pada konser yang akan dilaksanakan Selasa, 16 Februari 2016 mulai pukul 19.00 di Recital Hall FSP UKSW.

Konser ini adalah bagian kerjasama FSP UKSW dengan Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis Jakarta yang telah dilakukan sejak tahun 2006. Selama berada di Indonesia, Jan Willem Troost dan Roeland Drost akan tampil di Jakarta, Medan dan Salatiga. Mereka akan menampilkan ragam karya komponis dunia seperti Schubert, Julius Röntgen, Milhaud dan komponis lainnya. Setidaknya dipersiapkan minimal 12 komposisi musik yang duet piano cello maupun tunggal.

Kedatangan kedua musisi ini bukan hanya untuk melakukan konser, namun mereka akan memberikan masterclass bagi mahasiswa FSP UKSW. Mahasiswa yang mengambil instrumen musik piano dan cello akan mengikuti masterclass yang dibimbing langsung oleh Troost dan Drost. Masterclass merupakan pembimbingan intensif (person to person) yang berarti satu instruktur membimbing satu peserta aktif. Walaupun demikian, masterclass bisa diikuti oleh peserta pasif.

Jan Willem Troost (lahir 1981) adalah pemain cello lulusan Fontys Conservatory di Tilburg. Selama ini, dia berkarya bersama musisi lain yang melibatkan penari dan sastrawan. Kedatangannya saat ini adalah ketiga kalinya ke Indonesia. Dalam catatan biografinya, Troost telah melakukan konser dengan banyak seniman dan juga memberikan workshop dan masterclass.

Roeland Drost (lahir 1969) adalah pemain piano lulusan Conservatory in Amhem. Bukan hanya menguasai piano, Drost bisa disebut komponis yang menguasai banyak instrumen musik. Pekerjaannya sebagai musisi selalu melakuan improvisasi dalam karyanya. Bahkan, kerap berkarya dengan disiplin seni lainnya seperti tari dan sastra. (sas/ida)