AMBARAWA-Sejumlah aset Pemerintah Kabupaten Semarang dinilai sudah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga dinilai pemborosan karena harus mengeluarkan anggaran untuk perawatan, sedangkan manfaatnya untuk masyarakat sudah berkurang.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, sejumlah aset yang sudah jarang dimanfaatkan adalah Gedung Korpri dan Pasar Ikan Higienis di Kota Ungaran serta Pasar Lelang Ikan di Kecamatan Banyubiru. Selain itu, ada Gedung Pemuda dan Sub Terminal di Kecamatan Ambarawa. Bangunan tersebut memang masih digunakan, namun kegiatan yang menggunakan gedung tersebut kurang maksimal.

“Beberapa aset milik pemkab sudah tidak maksimal lagi pemanfaatannya. Lihat saja Gedung Pemuda di Ambarawa, saya menilai itu justru jadi gedung hantu. Sebab, bangunannya sudah mulai kusam, rusak dan jarang dipakai,” tutur anggota DPRD Kabupaten Semarang, The Hok Hiong kepada Jawa Pos Radar Semarang di sela-sela acara amal yang digelar sejumlah pengusaha, Minggu (14/2).

The Hok juga menunjukkan aset pemkab lainnya seperti Sub Terminal Ambarawa yang pemanfaatannya sudah tidak maksimal. Sebab, angkutan umum sudah jarang menggunakan sub terminal tersebut.

“Kalau jarang digunakan buat apa dipertahankan? Lebih baik dibongkar dan dijadikan fasilitas umum lainnya yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” tutur dia yang bertempat tinggal tidak jauh dari Gedung Pemuda.

Menurut The Hok, masyarakat berberharap Gedung Pemuda dibongkar dan dijadikan ruang publik seperti taman kota. Sebab, saat ini biaya pemeliharaannya cukup tinggi. Dengan dijadikan taman kota, maka pemkab dapat mengurangi biaya pemeliharaan. Selain itu, keberadaan taman kota sangat diharapkan warga, karena setiap pagi ataupun sore warga dapat beraktivitas di taman tersebut.

“Kalau dijadikan taman kota, manfaatnya lebih banyak untuk masyarakat. Warga bisa sering kumpul di situ. Selain itu, bisa juga berjualan makanan ringan,” katanya.

Sedangkan untuk Sub Terminal Ambarawa, The Hok mewacanakan agar dijadikan gedung parkir plus pasar kerajinan dan kuliner. Sebab, Ambarawa sudah sangat darurat membutuhkan kantong-kantong parkir, karena kemacetannya sudah sangat parah.