Kapal Besar, Tambah Stok Ikan

246

PEKALONGAN-Bersandarnya kapal-kapal besar di Pelabuhan Ikan Pekalongan turut menunjang berlimpahnya stok ikan. Selain itu, turut menjaga stabilitas harga ikan di pasaran.

Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Kasim Sumadi mengatakan bahwa pada awal tahun seperti ini wajar jika terjadi penurunan stok ikan, karena faktor musim penghujan. Namun dari pengalaman tahun 2015 pada bulan November hingga Desember, terjadi peningkatan signifikan karena banyak kapal-kapal besar yang berlabuh.

“Adanya kapal-kapal besar berpengaruh signifikan, sehingga capaian pendapatan di TPI pada tahun 2015 lalu melebihi target,” jelasnya.

Walaupun diakui pendapatannya sudah tidak sebesar beberapa puluh tahun silam, namun capaian pendapatan di TPI Kota Pekalongan pada tahun 2015 tetap bisa memenuhi target, bahkan lebih. Yang mana, Pemkot Pekalongan menargetkan pendapatan TPI Pekalongan yaitu Rp 4,7 miliar, namun realisasinya bisa menembus hingga Rp 5,6 miliar. “Kenaikan pendapatan tahun kemarin cukup lumayan, hampir Rp 1 miliar atau tepatnya sekitar Rp 920 juta,” bebernya.

Kasim menambahkan, meskipun sekarang sudah mulai memasuki angin barat ditambah hujan badai, namun kehadiran kapal-kapal besar diharapkan bisa menopang pendapatan di tempat pelelangan. Selain itu, dengan beroperasinya kapal besar tersebut bisa membuat kestabilan harga ikan di pasaran. Karena stok ikan dijamin melimpah.

“Jika mengharapkan kapal-kapal kecil, hasil tangkapan ikan pasti sangat kecil, sehingga tidak bisa memenuhi permintaan pasar. Semoga kapal-kapal besar, terus bersandar di pelabuhan kami,” tandasnya. (han/ida)