UNGARAN-Sejumlah pelukis atau perupa seni dari lima daerah di Jawa Tengah membentuk Komunitas Perupa Ponco Warno. Mereka dari Kabupaten Semarang, Magelang, Semarang, Salatiga maupun Boyolali. Komunitas ini akan mempersiapkan pameran lukisan menyambut Hari Kartini 2016 mendatang.

“Meski pembentukan ini tanpa ada rencana sebelumnya, namun komunitas ini harus tetap berjalan dan hidup. Bahkan, harus dapat menciptakan kegiatan yang tetap bernuansa seni lukis dan menelorkan karya seni,” kata Mbah Darto (asal Boyolali) dan G Suparmin (asal Ambarawa, Kabupaten Semarang) disela pertemuan pembentukan Komunitas Perupa Ponco Warno, di rumah Ireng Wawan, Kupang Tegal, Ambarawa, Senin (8/2) kemarin.

Dalam kesempatan tersebutm dibentuk kepengurusan Komunitas Perupa Ponco Warno periode 2016-2021. Ketua BW Heru Santoso (Heru Kumish), Ketua II Suryanto, Sekretaris I Ireng Wawan, Sekretaris II Wahyu Tjahjono, Bendahara G Suparmin. Dalam kepengurusan ini dibantu sejumlah seksi.

Komunitas ini rencananya akan dideklarasikan bersamaan dengan pembukaan Pameran Lukisan ‘Kolaborasi Lima Kota’ dengan tema “Wanita-wanita Perkasa” di Ambarawa, 21-23 April 2016 mendatang. Pameran ini dalam rangka peringatan Hari Kartini tahun 2016.

“Saya berharap, komunitas ini tetap eksis dalam berbagai kegiatan terkait dengan seni. Utamanya di lima kabupaten/kota dimana para perupanya menjadi anggota komunitas ini,” tandas Seksi Litbang Bagus Cah nDeso didampingi Sekretaris Ireng Wawan. (sas/ida)