Oknum Dosen Undip Pesta Sabu

Ditangkap Bersama Pegawai Hotel Star

532

Direktur Resnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol Eko Widodo, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Saat ini, kata dia, oknum dosen itu masih dalam pemeriksaan penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng.

”Ditangkap di Jangli, totalnya tiga orang (tiga orang dengan Yuli). Kami sejak Jumat malam memang sedang menggelar operasi Antik (Anti Narkotika),” katanya, Senin (8/2) siang.

Dua lainnya yang ditangkap bersama Yuli, kata Eko, satu adalah karyawan Star Hotel seorang lagi wiraswasta. ”Barang buktinya tidak sampai 1 gram, nol koma saja, jadi pengguna. Pengungkapan ini masih dikembangkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno, membantah adanya penangkapan seorang dosen Undip yang diduga terlibat dalam kasus narkoba. Menurutnya, sampai sejauh ini belum ada surat resmi dari pihak kepolisian selaku petugas yang melakukan penangkapan.

”Apakah benar namanya Yuli dari Undip atau orang yang hanya mengaku-ngaku dari Undip saya belum bisa mengatakan. Kami belum dapat surat resmi dari kepolisian,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga belum melakukan persiapan khusus bantuan hukum untuk pembelaan terhadap oknum dosen dari Undip yang terlibat narkoba. ”Takutnya seperti kejadian dulu, adanya isu-isu yang mengatasnamakan dari Undip. Jadi, saya belum bisa menentukan sikap. Kita menunggu surat resmi pemberitahuan dulu dari kepolisian,” katanya.

Ditanya sanksi yang diberlakukan kepada mahasiswa termasuk dosen yang terlibat kasus narkoba, pihaknya belum bisa memberikan jawaban pasti. Ia hanya menjelaskan, masih melihat dulu tingkat kesalahan atau pelanggaran yang diperbuat.

”Semua institusi termasuk kita di lingkungan pendidikan tentunya akan melihat dulu tingkat pelanggaran atau kejahatan yang dilakukan. Ada sanksi ringan, sedang, dan berat,” ujarnya.

Hasil penelurusan Jawa Pos Radar Semarang, Yuli Prasetyo Adhi, SH, MKn tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum Undip dengan jabatan fungsional Lektor dan golongan III/C. Dosen bernomor induk pegawai (NIP) 198107152006041001 itu adalah lulusan FH Undip 2003 dan lulus S2 dari kampus yang sama pada 2005. (mha/aro/ce1)