SALATIGA–Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga memang masih satu tahun lagi, yakni tahun 2017 mendatang. Namun sejumlah nama mulai menyosialisasikan diri melalui baliho bergambar wajah tokoh yang dipasang di beberapa titik kota Salatiga dengan slogan masing-masing.

Baliho yang tersebar adalah Bambang Wiryawan, pengusaha bengkel mobil audio Aulia yang membawa slogan Salatiga Bangkit. Kemudian Joko Sambodo yang disebut sebagai mantan direktur bank pemerintah yang mengusung slogan Harapan Baru. Selain itu, pasangan petahana Yuliyanto – Haris yang sebelumnya sudah menyatakan akan maju ke jilid dua.

Sementara itu, partai atau gabungan partai yang bisa mengusung pasangan calon adalah yang memiliki minimal 20 persen dari total anggota dewan atau minimal memiliki 5 wakil di DPRD. Peta di DPRD Salatiga saat ini adalah PDIP (8 kursi), PKS (4), Gerindra (4), Demokrat (3), Golkar (2), PKB (2), Nasdem (1) dan PPP (1). Melihat komposisi ini, PDIP diyakini akan mengajukan pasangan sendiri. Bisa jadi, partai lain saling berkoalisi. Gerindra dengan Nasdem atau PPP, Demokrat dengan PKB atau Golkar, PKS dengan Nasdem atau PPP. Selain itu, masih ada calon independen yang minimal harus mendapatkan dukungan 13 ribu KTP. “Kalau internal, kita menyiapkan lima kader untuk maju,” terang Suniprat, ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Salatiga kepada wartawan beberapa waktu lalu. (sas/ida)