Dewan Ajukan Dua Raperda Inisiatif

319

SEMARANG – DPRD Kota Semarang terus menunjukkan kinerja yang membanggakan. Pada awal tahun ini dua komisi di DPRD Kota Semarang mengusulkan rancangan peraturan daerah (Raperda). Dua komisi yang mengajukan raperda inisiatif adalah Komisi A yang mengusulkan Raperda Pelayanan Publik.

Selain Komisi A, hal yang sama juga dilakukan oleh Komisi D DPRD Kota Semarang yang mengusulkan raperda inisiatif tentang Perlindungan terhadap Perempuan dan Anak. Kemarin usulan kedua komisi ini disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang yang dipimpin Ketua DPRD Supriyadi.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Semarang Suharto Masri mengatakan, usulan komisinya untuk memastikan pelayanan publik di Kota Semarang bisa berjalan maksimal. ”Pelayanan publik di Kota Semarang sudah bagus, ini harus dipertahankan sehingga harus ada perda yang jadi payung hukumnya,” ujar Suharto Masri.

Dia menambahkan, dalam raperda yang diusulkan oleh komisi yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan berisikan sejumlah catatan. Mulai dari prosedur pengajuan perizinan, persyaratan hingga jangka waktu penyelesaian perizinan yang diajukan oleh masyarakat. ”Kami berharap instansi terkait mendukung pembahasan Raperda Pelayanan Publik ini,” ujarnya.

Sementara itu wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo mengatakan komisi mengusulkan raperda tentang perlindungan anak dan perempuan karena prihatin dengan makin maraknya tindak kekerasan pada perempuan dan anak.

Data dari sejumlah LSM menunjukkan tindak kekerasan makin meningkat. ”Kekerasan terhadap perempuan makin meningkat termasuk dalam rumah tangga, demikian juga dengan kekerasan terhadap anak mulai dari kekerasan fisik, sosial hingga seksual, ini yang harus disikapi,” tegas wakil rakyat asal Gunungpati ini.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi menyatakan dua raperda yang diusulkan Komisi A dan D merupakan raperda yang perlu segera dilakukan pembahasan. ”Kami berharap pemkot memberi dukungan penuh pada pembahasan raperda ini sehingga bisa selesai sesuai jadwal,” katanya.

Menanggapi usulan dewan ini Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto menyambut baik raperda usulan Komisi A dan D ini. ”Saya berharap kawan-kawan SKPD terkait segera melakukan koordinasi untuk membahas kedua raperda tersebut sehingga bisa diselesaikan tepat waktu,” ujar Pj wali kota. (zal/ce1)