SALATIGA-Sektor swasta yang terdiri atas pelaku usaha, perusahaan swasta, pengusaha perhotelan dan rumah makan, serta kalangan perbankan se-Kota Salatiga diajak berpartisipasi dalam usaha meraih kembali Adipura untuk Kota Salatiga. Ajakan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Salatiga, Yuliyanto dalam silaturahmi antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Kamis (4/2) lalu.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Salatiga (Cipkataru) Kota Salatiga, Valentino Haribowo mengatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan menciptakan hubungan yang serasi antara pemerintah dengan lingkungan perusahaan di Kota Salatiga melalui tanggung jawab sosial perusahaan.

“Kami berharap tercapai peningkatan partisipasi perusahaan terhadap proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebagai informasi, saat ini raperda tentang pengelolaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan/corporate social responsibility (CSR) tengah dibahas di DPRD Salatiga,” jelas Valentino.

Bentuk partisipasi yang disarankan adalah subsidi berupa penyediaan pembiayaan proyek-proyek pengembangan masyarakat, penyelenggaraan fasilitas umum atau bantuan usaha mikro dan kecil. Sebagai contoh, di beberapa daerah lain, pembangunan taman dilaksanakan oleh perusahaan swasta sebagai wujud dari CSR perusahaan tersebut.

Selain imbauan partisipasi, wali kota juga memberikan apresiasi terhadap sektor swasta yang telah banyak berperan dalam usaha pengentasan kemiskinan dan menyediakan lapangan kerja sehingga angka kemiskinan di Kota Salatiga semakin kecil.

“Saya mengajak seluruh pelaku usaha untuk bersama-sama bahu-membahu membangun Salatiga. Tidak perlu muluk-muluk membangun taman yang bernilai miliaran, taman-taman mini saja sudah cukup. Itu akan menambah keasrian kota,” ujar wali kota.

Merespons ajakan tersebut, kalangan swasta yang hadir bersepakat untuk ikut andil dalam upaya meraih adipura seperti dengan pembangunan taman, pot bunga dan juga bibit pohon peneduh. (sas/ida)