Pemkot Jamin Tak Ada Penggusuran

Kampung Bahari Tambak Lorok

306

Menurutnya, yang tidak kalah penting dari rehabilitasi kawasan kumuh ini adalah menjadikan kampung bahari sebagai ikon atau masterpiece bagi warga Semarang. ”Dengan adanya kampung bahari, warga Tambak Lorok sudah tidak akan terkendala air rob yang selama ini menjadi persoalan setiap tahunnya,” katanya.

Ditambahkan dia, kampung bahari Tambak Lorok merupakan satu-satunya kampung bahari di Pulau Jawa yang nantinya diharapkan menjadi percontohan nasional. Karenanya, dia berharap proyek ini berjalan optimal dengan adanya dukungan dari pihak-pihak terkait. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan hasrat hidup masyarakat sekitar. ”Berdasarkan analisis yang dilakukan Bappeda, akan ada penghematan untuk pembangunan infrastruktur warga mencapai Rp 240 miliar selama lima tahun,” klaimnya.

Disinggung terkait kepemilikan lahan oleh PT Pelindo, Farchan mengaku saat ini sudah tidak ada kendala. Menurutnya, manajemen Pelindo telah menyatakan siap untuk diajak kerja sama terkait proyek tersebut. ”Tidak hanya terkait Kampung Bahari Tambak Lorok saja, tetapi juga proyek-proyek lain yang bersinggungan dengan pemkot. Saat ini kita dalam proses sinkronisasi,” katanya.

Salah satu Tim Pengawas dari Kementerian PUPR, Agus Marsudi, mengatakan, rencana pembangunan kampung bahari merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas permukiman kampung nelayan, khususnya di Tambak Lorok. ”Harapannya, dengan adanya kampung bahari tersebut dapat menjadi percontohan perkampungan nelayan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, langkah selanjutnya dari dari tinjauan ke lapangan tersebut akan disampaikan kepada Menteri PUPR untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Pihaknya tidak menampik jika suksesnya program ini membutuhkan sinkronisasi dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, stakeholder dan masyarakat sekitar. ”Program ini akan berlangsung secara berkelanjutan. Tidak hanya 2-3 tahun, bahkan bisa 5-10 tahun,” sambung suami dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi itu.