SEMARANG – Institut Karate-do Indonesia (Inkai) Jateng dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional Inkai. Kejuaraan sendiri akan dilangsungkan di GOR Jatidiri, Jumat-Minggu (5-7/2). Kejuaraan sendiri akan diikuti puluhan 34 Inkai provinsi di Indonesia.

Turnamen itu mempertandingkan tujuh kategori yakni usia dini, pra pemula, pemula, kadet, yunior, senior, dan veteran. Sekitar 1.300 atlet akan mengikuti kejurnas tersebut. Inkai Jateng akan menerjunkan 156 karateka dengan 11 pelatih dan tiga ofisial.

Provinsi ini menargetkan juara umum. Pada ajang yang sama pada 2014 lalu, Jateng berhasil meraih sembilan emas dan berada di posisi tiga di bawah DKI Jakarta dan Jatim. Momentum tuan rumah akan dimanfaatkan sebaik mungkin meraih hasil yang terbaik bagi daerah ini. ”Sebagai tuan rumah tentunya kami ingin meraih prestasi setinggi mungkin. Bukan hal yang tidak mungkin juara umum bisa diraih fair play. Persiapan intensif sudah kami lakukan beberap abulan terakhir ini. Secara umum, karateka Inkai Jateng siap bersaing dengan daerah lain,” tutur Sekretaris Umum Inkai Jateng Teguh Tri Adijanto.

Usai kejurnas, kata Teguh, akan dilanjutkan dengan gashuku dan ujian Dan nasional di Bandungan, Kabupaten Semarang. Sebanyak 200 karateka akan mengikuti kegiatan tersebut. Peserta akan diuji dihadapan 17 anggota Dewan Guru Inkai. Sebelumnya, pada 3-4 Februari, dilakukan refreshing wasit di Aula KONI Jateng. ”Kejurnas ini sekaligus seleksi atlet yang akan diterjunkan pada Kejuaraan Terbuka Piala KSAD, April mendatang dan Piala Mendagri pada Juli nanti. Kejurnas ini adalah wadah prestasi bagi karateka di bawah naungan Inkai,” kata Teguh. (bas/smu)