Mulyono-WEB

Oleh : Mulyono

KEBERHASILAN penulis menjadi Guru Kreatif Tingkat Nasional dalam ajang Lomba Kreativitas Guru Nasional Tahun 2015 ini berawal dari pesan Bapak Tarno Swito. Sebagai anak, penulis teringat apa yang beliau sampaikan sebelum masuk kuliah di Undip jurusan Fisika, yakni menginginkan saya (anaknya) menjadi orang sukses.

Kata-kata yang beliau ucapkan masih teringat jelas, ”Le dadhio wong sing betah ngeleh lan melek, pinter mikir lan ndzikir, biso o rumongso ojo rumongso biso! (Nak jadilah orang yang tahan lapar dan tidak tidur, pintar berfikir dan dzikir, bisa merasa tapi jangan merasa bisa)”. Tiga pesan itu yang selalu penulis tanamkan pada diri pribadi, bahkan terus diajarkan pada keluarga dan anak-anak didik penulis di sekolah.

Orang bilang mimpi jangan terlalu tinggi, takut kalau jatuh sakit dan mati. Hal tersebut terkadang membuat kita lemah sehingga takut untuk bermimpi yang sebenarnya hanyalah tendensi dari sebuah kemalasan. Karena jika memang mimpi kita besar, maka harus besar pula perjuangan dan pengorbanannya.