SEMARANG – Event pramuka Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 yang sebentar lagi akan digelar di Kota Semarang dipastikan akan berlangsung meriah. Sebab, kegiatan yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Semarang itu mendapat dukungan penuh dari Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Semarang.

Sesuai rencana, Kamis (28/1) pagi ini akan dilangsungkan penandatanganan MoU antara Jawa Pos Radar Semarang dan Kwarcab Kota Semarang di Gedung Pertemuan Balai Kota Jalan Pemuda.

Sekretaris Kwarcab Kota Semarang, Ringsung Suratno, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penandatanganan MoU itu sebagai bagian dari beberapa agenda yang telah direncanakan Kwarcab Kota Semarang untuk meningkatkan kegiatan kepramukaan, khususnya di Kota Atlas.

”Selain penandatanganan naskah kerja sama Kwarcab dengan Jawa Pos Radar Semarang, kegiatan lain adalah pintaran pelatih serta pelantikan Kak Prof Dr Ir S Budi Prayitno sebagai Pelatih Kwarcab Kota Semarang,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, tadi malam.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, akan dihadiri seluruh pelatih Pramuka di Kota Semarang. Mereka nantinya yang berwenang menjadi guru bagi para pembina Pramuka di tingkat sekolah. Karenanya, ketika ada pelatih baru yang akan dilantik, maka terlebih dahulu harus diuji kelayakannya oleh para pihak yang memiliki kompeten. ”Meskipun Kak Budi telah menjadi Ketua Kwarda, ia bersedia menempuh pendidikan (Pramuka) dahulu dari bawah,” katanya.

Terkait gelaran Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2016 di Kota Semarang, Ringsung meminta seluruh pihak dapat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Menurut dia, kegiatan itu sangat bermanfaat untuk menggairahkan kembali kegiatan Pramuka, khususnya di Kota Semarang. ”Maka dari itu, kami sangat mendukung kegiatan tersebut untuk segera dilaksanakan,” ujarnya.

Person in Charge (PIC) ISC Jateng untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, Sonny Aditya Darma, mengatakan, penandatanganan MoU dengan Kwarcab Kota Semarang merupakan tindak lanjut atas MoU yang telah dilakukan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault dan CEO Jawa Pos Group Azrul Ananda, serta penandatanganan MoU antara Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Prof Dr Ir S Budi Prayitno dengan Jawa Pos Group yang ada di Jawa Tengah.

”Dalam penandatanganan ini nantinya dilakukan langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Semarang Kak Adi Tri Hananto dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Kak Abdul Aziz,” terangnya.