DEMAK- DPRD Demak telah memproses pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Demak terpilih hasil pilkada 9 Desember 2015 lalu. Usulan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna istimewa pada hari ini, Selasa (26/1) di gedung DPRD setempat. Pengusulan ini sekaligus menindaklanjuti surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100/140/SJ.

Ketua DPRD Demak, H Nurul Muttaqin mengatakan, pengusulan tersebut telah diagendakan dalam Badan Musyawarah (Bamus) dewan. “Selasa besok (hari ini, red). Secara tekhnis yang tahu Sekretaris Dewan (Setwan),”ujar Nurul, kemarin.

Senada disampaikan Kabag Legislasi Setwan, Wahyudi. Ia menyampaikan, bahwa pengusulan dilakukan melalui rapat paripurna yang kemudian hasilnya dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri Kemendagri) lewat Gubernur Jateng. Yang jelas, kata dia, DPRD telah menyiapkan semua persyaratan untuk pengusulan pengesahan Bupati HM Natsir dan Wakil Bupati H Joko Sutanto terpilih tersebut. “Ada 9 poin persyaratan pengusulan ini yang kita siapkan. Diantaranya, surat penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dari KPUD setempat. Sedangkan, soal kapan pelantikan yang tahu kepastiannya itu Kemendagri,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak KPUD Demak telah membantu kelengkapan persyaratan untuk pengusulan pengesahan pengangkatan tersebut. Selain surat penetapan, pengusulan juga dilengkapi dengan surat keterangan tidak adanya gugatan atau perselisihan di Mahkamah Konstitusi (MK). Kemudian, surat penetapan calon bupati terpilih dan surat penetapan perolehan suara calon terpilih. Informasi yang dihimpun, untuk pelantikan bupati dan wabup terpilih tahap I yang tidak ada sengketa sedianya dilakukan pada 25 Februari 2016 mendatang. (hib/zal)