Siapkan Pemimpin Usia Emas

197
Kadinpora Jateng Budi Santoso
Kadinpora Jateng Budi Santoso
Kadinpora Jateng Budi Santoso
Kadinpora Jateng Budi Santoso

PEMUDA punya banyak makna bagi bangsa. Meski tergerus arus global, pemuda punya tanggung jawab besar meneruskan perjuangan pendahulu. Alasan itulah yang membuat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Jawa Tengah Budi Santoso ingin mengajak pemuda, khususnya Jateng, menuju gerbang masa depan yang memegang teguh norma Pancasila.

Budi sadar, obsesi itu butuh kerja keras. Dia mengaku akan mengokohkan benang merahnya, yaitu meningkatkan wawasan kebangsaan dan pembentukan karakter. ”Pak Gubernur pernah menegaskan ada empat krisis kepemudaan saat ini. Soal jati diri, moral, ideologi, dan krisis kepercayaan. Kenakalan remaja, anarkis dan tawuran juga menjadi imbas dari krisis tersebut,” paparnya.

Yang paling penting, bagi Budi, adalah bagaimana menangani krisis ideologi. Butuh sinergitas dengan dinas lain, salah satunya Dinas Pendidikan. Pihaknya berharap, ke depan, hal yang berkaitan dengan budi pekerti, bisa dikelola menjadi kurikulum nasional. ”Kalau era lama ada penataran P4, mata pelajaran kewarganegaraan, dan sejarah yang intens,” ucapnya.