Antisipasi Libur Panjang

276

Oleh: Djoko Setijowarno

PADA 2016 ini akan banyak hari libur panjang, yakni yang lebih dari 3 hari. Adapun libur panjang selama 2016 sekitar 7 waktu, yaitu 6-8 Februari libur Imlek, 25-28 Maret libur Wafat Isa Al Masih, 6-8 Mei libur Isra Mikraj, 2-10 Juli libur Lebaran Idul Fitri, 10-12 September libur Idul Adha, 10-12 Desember libur Maulid Nabi dan 24-26 Desember libur Natal.

Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016 yang disertai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun lalu menjadi pengalaman berharga. Saat itu di luar perkiraan, meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi oleh masyarakat Jakarta berdampak terjadi peningkatan volume kendaraan pada ruas-ruas jalan nasional dan jalan tol sebagai penopang arus transportasi dari dalam Kota Jakarta (origin) keluar Kota Jakarta (destination).

Data Korlantas, terjadinya antrean layanan pada gerbang tol akibat waktu pelayanan yang panjang (lebih 7 detik per kendaraan) dan gardu tol yang seluruhnya belum terbuka. Parkir kendaraan angkutan barang dan pribadi di bahu jalan tol dan sekitar rest area. Agak sedikit diuntungkan dengan arus sepeda motor tidak sebanyak saat musim mudik Lebaran.

Fakta di Lapangan
Pada Kamis, 24 Desember 2015 telah terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek/Bandung kurang lebih sebesar 30 persen dari hari biasanya. Perkiraan perbandingan persentase kendaraan besar (truk) dan kendaraan kecil (pribadi) yang melintas pada jalur jalan tol tersebut adalah 60:40, akselerasi kendaraan besar (truk) sangat lambat yang berdampak pada perlambatan kecepatan kendaraan yang ada di belakangnya.

Banyaknya kendaraan truk yang berhenti karena kehabisan BBM, dan mogok di badan jalan dikarenakan terlalu lamanya waktu tempuh. Adanya perlambatan saat pembayaran pada loket gardu tol khususnya Cikarang utama dan pintu tol lainnya di sekitar jalur exit tol Cikampek. Hal ini disebabkan waktu transaksi yang dilakukan pada loket gardu cukup lama (lebih 8 detik per kendaraan).

Hasil evaluasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, pengalaman libur panjang pada akhir 2015 selama 5 hari (libur Maulid Nabi, libur Natal bersamaan dengan libur sekolah) mengakibatkan kemacetan total hampir di semua ruas jalan tol, dan jalan nasional non-tol di Pulau Jawa. Khususnya di Jakarta dan sekitarnya.