Awal Februari Mulai Dilelangkan

Pembangunan Pasar Johar Baru

154

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengklaim telah menyiapkan anggaran untuk penyusunan detail engineering design (DED) pembangunan Pasar Johar yang baru. Tidak tanggung-tanggung, anggaran untuk pembuatan DED mencapai Rp 1,642 miliar. Selain pembuatan DED, juga telah dianggarkan untuk Amdal sebesar Rp 400 juta, dan Andalalin sebesar Rp 150 juta.

”Awal Februari nanti rencananya sudah mulai dilelangkan. Kami harapkan, lelang itu diikuti peserta yang berkompeten karena proyek revitalisasi Pasar Johar bukan pekerjaan yang sepele,” ujar Sekretaris Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang Irwansyah kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (21/1).

Ia mengatakan, penyusunan DED Pasar Johar Semarang diperkirakan membutuhkan waktu lama. Sebab, Pasar Johar merupakan salah satu pasar berskala regional dan pernah menjadi pasar tradisional terbesar di Asia Tenggara. Terlebih lagi, Pasar Johar merupakan bangunan cagar budaya yang aspek-aspek kecagarbudayaannya harus tetap dipertahankan.

”Kami akan berusaha mempertahankan bangunan cagar budaya Pasar Johar dari berbagai dampak yang akan ditimbulkan dari revitalisasi nantinya. Makanya dibutuhkan kajian yang mendalam,” imbuhnya.

Ditambahkan Irwansyah, revitalisasi Pasar Johar nantinya juga melibatkan tim teknis dari kementerian. Sebab, pembangunan pasar ini menyangkut kepentingan banyak orang, baik pedagang maupun masyarakat. Sehingga penyusunan DED harus dilakukan oleh pihak yang memiliki kompetensi. ”Konsepnya nanti mengembalikan Alun-Alun Masjid Kauman Semarang sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, selain Simpang Lima,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Trijoto Sardjoko, berharap, dalam pembuatan DED nanti seluruh pedagang baik yang memiliki lapak maupun para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Johar harus menjadi pertimbangan utama. ”Modelnya seperti apa, jumlah pedagang seluruhnya harus masuk. Total seluruh pedagang mencapai 8 ribu orang,” terangnya.

Tidak hanya itu saja, ia juga berharap segala permasalahan yang terjadi di Pasar Johar seperti banjir, ketertiban parkir, tidak akan terjadi lagi di Pasar Johar yang baru. Karenanya, perlu dipikirkan bagaimana cara mengatasinya dalam tahap perencanaan. ”Kami harapkan, pembuatan DED ini dilakukan secara komprehensif,” katanya seraya berharap pembuatan DED selesai tahun ini. (fai/ida/ce1)