Jateng tanpa Lubang Didukung Perda

207

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi anggota DPRD yang membantu menyukseskan program Jalan Jateng tanpa Lubang (JJTL). Hingga awal tahun ini, program tersebut diklaim mulai menampakkan hasil.

”Terima kasih mau memberikan dukungan melalui kebijakan yang membantu penanganan seluruh jalan di Jateng. Salah satunya melalui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang standardisasi jalan kolektor primer dan sekunder pada ruas jalan di Provinsi Jateng,” ucapnya saat menyampaikan pendapat dalam sidang paripurna DPRD Jateng, Jumat (8/1).

Ketika meninjau sejumlah ruas jalan yang terkenal punya banyak lubang, beberapa waktu lalu, Ganjar megaku sempat mendapat celetukan positif dari salah satu warga. ”Sampai ada yang bilang, jalannya sudah mulus, Pak,” cerita Ganjar.

Celetukan itu, dianggap Ganjar sebagai tolok ukur. Ini merupakan bukti program JJTL sudah dirasakan oleh warga. Meski begitu, dia berpesan kepada anggota dewan untuk tidak cepat puas. Semua jalan harus dibenahi dahulu sampai tuntas, baru boleh bangga.

Dia menambahkan, jalan merupakan infrastruktur yang memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan ekonomi di daerah. Bahkan kondisi jalan seringkali menjadi indikator sederhana penilaian dari masyarakat atas keberhasilan pembangunan suatu daerah.

Penyelenggaraan standardisasi jalan kolektor primer dan sekunder pada ruas jalan diharapkan dapat memberikan arahan dan pedoman kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan jalan, menyangkut kegiatan pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan jalan agar diperoleh suatu keseragaman dalam definisi, hirarki sistem jaringan jalan yang jelas. (amh/ric/ce1)