(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memastikan pengundian lapak pedagang Pasar Johar di tempat relokasi sementara di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan dilakukan secara bertahap mulai 11 Januari mendatang. Pengundian dilaksanakan berdasarkan zonasi para pedagang.

”Setidaknya ada 15 zonasi yang akan kita undi. Antara lain barang pecah belah, bumbon, gerabah, konveksi, dan lain sebagainya,” ungkap Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (7/1) kemarin.

Ia menjelaskan, pengundian nantinya dimulai dari jumlah yang paling kecil. Agar tidak terjadi komplain dari para pedagang. Nantinya akan disosialisasikan secara besar-besaran. Bila perlu menggunakan MMT untuk memudahkan para pedagang mendapatkan informasi. ”Selain itu, kami juga akan melibatkan ketua kelompok,” katanya.

Ditambahkan dia, bagi pedagang yang memiliki lebih dari satu lapak, bila mendapat nomor undian yang bersangkutan dapat memilih lapak lainnya baik di sisi kanan, kiri, depan, atau belakang. Lapak yang dipilih selanjutnya akan ditandai, sehingga tidak dapat dipilih oleh pedagang lainnya.

”Para pedagang tinggal masuk dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Mulai dari tempat bongkar muat barang, air bersih, serta penerangan,” klaimnya.

Selain itu, lanjut dia, Dinas Pasar akan melakukan penanaman pohon agar sekitar relokasi menjadi teduh. Sehingga para pedagang maupun pembeli nantinya merasa betah dan nyaman saat melakukan transaksi jual beli. ”Bagi yang belum teregister, kami harapkan segera melakukan registrasi,” katanya.

Sekretaris Persatuan Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) Kota Semarang, Surachman, mengaku belum mengetahui secara pasti kapan dilakukaan pengundian. Sebab, surat atau informasi resmi belum disampaikan ke PPJP.

”Kami berharap sebelum dilakukan pengundian, PPJP dapat bertemu dengan Dinas Pasar untuk menyampaikan keluhan masalah pengelompokan di lapak yang belum sesuai keinginan para pedagang,” ujarnya.