SEMARANG – Aajang Semarang Futsal League (SFL) akan menjadi itik balik kebangkitan olahraga futsal di Kota Semarang. Sebanyak 14 tim telah resmi turun di liga futsal pertama yang ada di Jateng itu.

Kegiatan ini merupakan gagasan dari klub-klub futsal di Semarang dan sekitarnya. Mereka haus akan pertandingan yang kompetetif dan memenuhi standar. Dengan bekerja sama dengan Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jateng. ”Untuk gelaran pertama ini diikuti 14 tim yang dibagi menjadi dua grup. Untuk kick off dimulai Minggu (10/1) dan diputar hingga 31 Januari. Kami harap melalui kegiatan ini dapat melahirkan pemain-pemain berbakat,” ujar Ketua Panitia SFL, Risna Oktaverdian.

Tim-tim itu telah mengikuti pengundian di Kantor Asprov PSSI Jateng, Komplek Stadion Citarum, Minggu (3/12). Di Grup A, dihuni Dinhub Jateng, Nafas FC, Kendal United, BJL 2000, Zafira FC, Jatidiri Muda dan Atlas Muda. Sedangkan di Grup B ada, Bagus FC, Semarang FC, Fast FC, Venus FC, Puma FFA, Syifa Jaya dan AM Shiba.

Pertandingan akan digelar setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, namun untuk pekan pertama hanya berlangsung pada Minggu. Rencananya, pertandingan akan berlangsung di Gedung Futsal Jatidiri. Untuk Sabtu berlangsung pukul 13.00-18.00, sedangkan Minggu mulai pukul 10.00-18.00.

Untuk waktu pertandingan berlangsung 2 X 20 menit kotor pada babak penyisihan dan 2×20 bersih untuk semifinal dan final. Di babak penysihan grup, masing-masing tim akan saling bertemu. Dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak melaju ke semi final. ”Karena ada unsur pembinaan, kami memberlakukan aturan umur pemain yakni U-21. Adapun kouta pemain yakni 20 personel, termasuk yang masuk line up 14 pemain. Ini menjadi kesempatan bagi para pemain untuk mengasah kemampuan dan jam terbang,” sambung Risna. (bas/smu)