PEMALANG – Awal tahun 2016, harga cabai merah baik cabai merah besar maupun cabai keriting tembus di kisaran Rp 50 ribu per kilogram. Kenaikan terjadi karena hasil panen di beberapa sentra cabai berkurang.

“Harga beberapa sayur sekarang melambung tinggi. Paling naik cabai merah. Cabai merah besar di kisaran Rp 50.000 per kilogram, cabai merah keriting pun Rp 50.000 per kilogram. Cabai rawit pun mengalami kenaikan juga,” ungkap Suyati, salah seorang pedagang pasar tradisional di Pemalang.

Menurutnya, harga cabai naik diakibatkan beberapa faktor. Misalnya memasuki musim hujan, panen di sentra-sentra pun berkurang. Selain itu, beberapa faktor tersebut kemungkinan membuat harga barang di pasar naik. “Masalahnya kalau harga naik pasti pasokan dari sentra-sentra tersendat atau sedikit. Ini kan sudah musim hujan juga, panen cabai lagi berkurang. Dari bulan Desember kemarin sudah mulai naik semua. Setelah tahun baru belum ada yang turun harga,” ujarnya.

Sama halnya dengan Suyati, pedagang sayur lainnya, Rahayu pun mematok harga di kisaran Rp 50 ribu per kilogram untuk cabai merah besar dan cabai merah keriting. Bahkan, ia pun pernah menjual dengan harga Rp 60 ribu per kilogramnya.

“Sekarang harga cabai merah besar hingga Rp 60 ribu per kilogram, cabai merah keriting juga Rp 50 ribu per kilogram dan cabai rawit di kisaran Rp 40 ribu per kilogram. Malah pernah di hargai Rp 60 ribu. Belanjanya saja sudah Rp 55 ribu per kilogram, mau dijual berapa?,” jelasnya. (ari/sri/jpnn/ric)