SEMARANG – Selama Natal dan Tahun Baru, kenaikan trafik terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, naik sekitar 15-20 persen, voice 5 persen, dan SMS 10 persen.

Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS.

XL mengantisipasi dengan penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. “Kapasitas jaringan cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. Kami juga telah melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik,” ujarnya.

Selama libur Natal dan Tahun Baru lalu, pelanggan juga bisa merasakan kenyamanan menggunakan layanan 4G LTE XL, yang bisa dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Medan, Bogor, Mataram, Denpasar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Batam, Pekanbaru, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan,Tegal, Pacitan, Madura, Manado dan Banjarmasin, serta Yogyakarta. (dna/smu)