Pemprov Siapkan Pengganti Budi Suharto

158

SEMARANG – Setelah mendengar kabar meninggalnya Penjabat (Pj) Wali Kota Surakarta, Budi Suharto, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah segera melakukan musyarawah untuk mencari penggantinya. Sehingga proses pemerintahan di kota setempat tetap berjalan sebelum dilantiknya Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih pada Pilkada 2015.

”Secepatnya, bahkan hari ini (kemarin, Red) atau besok langsung kami tunjuk Plh (Pelaksana Harian),” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sri Puryono kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (30/12) kemarin.

Ia membenarkan, penggantinya nanti bukan lagi Pj, akan tetapi Plh. Oleh karenanya, diambilkan dari pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta yang paling senior. Selain itu, memiliki kompetensi melanjutkan program-program yang telah ditetapkan. ”Sudah dirembuk dengan Pak Gub (Gubernur Jateng, Red) dan beliau menyetujuinya,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Budi Suharto adalah Sekda Kota Surakarta yang dilantik Gubernur Ganjar Pranowo menjadi Pj Wali Kota Surakarta menggantikan FX Hadi Rudyatmo yang telah habis masa jabatannya. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Surabaya Rabu (30/12) pagi, ketika sedang melakukan kunjungan kerja.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, pelantikan bupati/wali kota definitif hasil pilkada serentak 2015 masih menunggu kebijakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). ”Hasil pilkada serentak sudah kami serahkan ke masing-masing DPRD, terkait kapan pelantikannya itu kewenangannya Kemendagri,” kata dia. (fai/ida/ce1)