SEMARANG – PT Liga Indonesia (LI) berencana menggelar kompetisi independen pada Maret 2016 mendatang. Kompetisi tersebut juga bakal mempertandingkan level Divisi Utama.

Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng menyebut, tidak hanya Indonesia Super League (ISL) yang diputar, tetapi juga Divisi Utama dan Liga Nusantara (Linus). Johar Lin Eng mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Direktur PT LI, Joko Driyono. Setelah kick off ISL, dilanjutkan dengan Divisi Utama dan Liga Nusantara. Karena itu, dia meminta agar klub-klub di Jateng dapat segera menggelar persiapan.

”Saya sudah mendapatkan kabar dari Joko Driyono. PT LI sudah menyiapkan sebaik mungkin kompetisi independen tersebut, termasuk izin. Semuanya sudah diperhitungkan sebaik-baiknya. Karenanya, tidak perlu ragu untuk persiapan dan berpartisipasi,” ungkap Johar Lin Eng.

Dari informasi yang didapatkannya, nantinya PT LI juga akan memberikan subsidi kepada klub-klub peserta yang datangnya dari sponsor. Untuk besarannya subsidi, lebih besar dibandingkan turnamen-turnamen nasional sebelumnya. Kepastiannya akan disampaikan pada pertemuan klub yang akan digelar PT LI dalam waktu dekat.

Mendapatkan tambahan informasi tersebut, PSIS semakin bersemangat untuk segera menggelar persiapan. Rencananya, tim kebanggaan warga Kota Semarang mulai mengumpulkan pemain pada Januari 2016 mendatang. Mereka akan mempertahankan skuad lama.

Awalnya, mereka bersiap untuk mengikuti Piala Gubernur Jateng 2016 yang akan diputar mulai Maret 2016. Namun, kini, Laskar Mahesa Jenar juga menyiapkan program menghadapi kompetisi independen yang digagas PT LI. Berprestasi di kedua kegiatan tersebut pun menjadi tujuan utama. ”Kami rasa, ini langkah yang baik untuk kembali menggairahkan persepakbolaan Indonesia. Tentunya PSIS akan berpartisipasi dalam kompetisi independen yang digelar PT LI. Kami segera berkoordinasi dengan tim pelatih untuk menyiapkan program,” ujar Penasehat Tim PSIS Wahyu ”Liluk” Winarto. (smu)