Kota Pekalongan Kembali Raih WTN

125

PEKALONGAN-Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan kembali mendapat piala anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN), penghargaan dalam bidang lalulintas. Piala ini, merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu mendapatkan penghargaan yang sama.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara dan diterima oleh Kepala Dishubpabud Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo bersama Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Luthfie Sulistyawan, Rabu (23/12) kemarin.

Doyo Budi mengatakan bahwa sebenarnya dua tahun sebelumnya yaitu tahun 2012 dan 2013, Kota Pekalongan mendapatkan penghargaan WTN namun dalam bentuk plakat. “Dua tahun sebelumnya, kami menerima penghargaan dalam bentuk plakat. Penghargaan dalam bentuk piala, grade-nya lebih tinggi dibandingkan plakat maupun sertifikat,” jelasnya.

Dijelaskan, Kota Pekalongan menerima penghargaan tersebut bersama 209 kabupaten/kota maupun provinsi se-Indonesia. Sementara di Jawa Tengah, dari 35 kabupaten/kota hanya 16 daerah yang dapat. Ada 10 kabupaten/kota di antaranya Kota Pekalongan, yang masuk kategori kota sedang. Sisanya enam untuk kategori kota kecil.

Proses penilaian WTN sendiri, sudah berlangsung sejak Mei 2015. Ada sejumlah sektor yang dinilai dalam bidang lalu lintas dan transportasi seperti pengujian kendaraan, marka jalan, tentang kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, angkutan umum dan kondisi terminal.

Setelahnya, Pemkot memiliki target agar Kota Pekalongan bisa meraih WTN Kencana, yaitu mendapatkan penghargaan berupa piala WTN selama lima kali berturut-turut. Namun menurut dia, bukan penghargaan maupun piala yang menjadi tujuan utama, namun implementasi keteraturan lalu lintas baik oleh pemerintah, stakeholder maupun masyarakat yang harus diterapkan secara baik.

“Target kami agar implementasinya di lapangan bisa benar-benar dilakukan oleh seluruh stakeholder terkait. Dengan begitu, piala WTN dapat diraih,” kata dia lagi.

Silakan beri komentar.