BARUSARI – Sedikitnya ada empat titik pusat keramaian di Kota Semarang yang bakal dipenuhi pengunjung pada malam Tahun Baru 2016 mendatang. Keempatnya adalah Simpang Lima, Tugu Muda, Pantai Marina, dan Taman Tabanas Gombel.

Keempat titik keramaian tersebut diwaspadai memiliki kerawanan gangguan, baik kemacetan, maupun tindak kriminalitas. ”Ada empat titik pusat keramaian di Semarang, yakni Simpang Lima, Tugu Muda, Pantai Marina, dan Taman Tabanas Gombel. Kami sudah siapkan personel sebanyak 246 personel yang tersebar di empat titik tersebut,” kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin, ditemui di Mapolrestabes Semarang, Senin (28/12).

Pihaknya menegaskan, sejauh ini persiapan pengamanan telah dilakukan secara optimal.
Dia mengimbau setiap warga turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). ”Selain itu, kami mendirikan sebanyak 16 Pos Pengamanan (Pospam) yang tersebar di wilayah hukum Polrestabes Semarang,” katanya.

Pospam tersebut, kata Burhanudin, berfungsi untuk melayani masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja menjadi korban kejahatan, bisa langsung melapor kepada petugas di pospam terdekat. ”Selain itu, misal ada yang sakit, pingsan, bisa dilakukan pertolongan di pospam tersebut,” katanya.

Burhanudin mengakui, setiap malam pergantian tahun, tradisi pesta yang dilakukan masyarakat cukup banyak. Arus lalu lintas dipastikan meningkat, sehingga perlukan hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan. Potensi-potensi kemacetan tetap ada. Namun pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi prediksi kepadatan pengendara kendaraan bermotor. (amu/zal/ce1)